Diploma III Kebidanan

Gambaran Umum

Bidan adalah tenaga medis terdidik yang mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan standar kesehatan masyarakat, khususnya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Peran bidan sebagai penasehat, konsultan sekaligus praktisi dalam penanganan ibu hamil sampai persalinan menjadikannya sebagai salah satu ujung tombak penekanan angka kematian ibu melahirkan dan atau bayi yang baru dilahirkan.

Untuk dapat berperan profesional sebagaimana tersebut di atas, seorang bidan tentu harus mendapatkan bekal pendidikan yang komprehensif, baik dalam hal teori dan utamanya dalam praktek. Untuk itu STIKES Guna Bangsa Yogyakarta telah menyusun kurikulum pendidikan PRODI D3 Kebidanan sesuai dengan tuntutan kompetensi yang disyaratkan, yaitu 30% teori dan 70% praktek. Selain di laboratorium, praktek juga dilakukan di rumah sakit dan rumah bersalin di wilayah DIY dan Jawa Tengah yang telah menjalin kemitraan dengan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta. Untuk lebih meningkatkan ketrampilan praktis, kegiatan praktek dilakukan? mulai semester II sampai semester Akhir.? Diluar jadwal praktek reguler, mahasiswa dianjurkan untuk melakukan praktek magang di Rumah Sakit atau Rumah Bersalin dan institusi yang sejenis. Sebagai jaminan kualitas, sebelum diterjunkan ke lapangan, siswa praktek diharuskan lulus ujian skill lab dengan metode OSCA.

 

Prospek Kerja

Sebagai tenaga kerja terdidik mandiri, peluang kerja bidan sangat luas. Pemerintah menetapkan bahwa setiap desa di Indonesia, setidaknya harus mempunyai seorang bidan terdidik. Untuk memnuhi hal ini, kebutuhan akan tenaga bidan dimaksud mencapai angka 60 ribu bidan. Diluar hal itu, seorang bidan juga bisa bekerja di berbagai institusi, misalnya:

  • Rumah Sakit Umum
  • Rumah Sakit Ibu dan Anak
  • Rumah Bersalin
  • Puskesmas
  • Bila menginginkan pendidikan lebih lanjut, dapat meneruskan ke jenjang D4 yang akan dibuka kemudian.

Pertimbangan logis yang lain adalah adanya fakta bahwa penyerapan pasar kerja terhadap lulusan Bidan D3 mencapai angka 100% dengan masa tunggu rata-rata 3-6 bulan.

Bagi para lulusan SMA sederajat yang ingin mendapatkan kepastian akan ketersediaan peluang kerja untuk masa depannya, pilihan PRODI D-3 Kebidanan sangat layak dipertimbangkan.

Learning Outcomes (Kebidanan)

Capaian pembelajaran untuk pengetahuan khusus yang merupakan penciri program studi mengacu kepada visi dan misi

  • Mampu melaksanakan pertolongan kegawatdaruratan obstetri dan neonatal secara professional
  • Mampu melaksanakan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan masalah

Visi

  • Visi Program Studi D3 Kebidanan STIKes Guna Bangsa Yogyakarta adalah menjadi Program Studi D3 yang unggul ditingkat nasional dengan pendekatan pelayanan komunitas tahun 2023. Unggul yang dimaksud disini adalah mempunyai keunggulan di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan pendekatan pelayanan komunitas.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan bidan unggul dan profesional berbasis pelayanan komunitas.
  • Melaksanankan penelitian ilmiah sesuai dengan bidang kebidanan yang mengacu pada pelayanan komunitas.
  • Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kebidanan berbasis kompetensi dan teknologi melalui pengabdian masyarakat yang berwawasan pembangunan kesehatan dan berbasis pelayanan komunitas dengan menyelenggarakan praktek kebidanan yang berkelanjutan dan meningkatkan mutu pelayanan kebidanan melalui srtifikasi kompetensi kebidanan serta menjalin kerjasama dengan stakeholder.

Tujuan

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dibidang kebidanan dan berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa berazaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang berfokus pada pelayanan komunitas.
  • Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang kompeten sebagai konselor dalam melaksanakan asuhan kebidanan yang berbasis pelayanan komunitas.
  • Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bidan pelaksana berbasis kompetensi dan teknologi melalui pengabdian masyarakat yang berbasis pelayanan komunitas.
Pembelajaran Sikap dan Keterampilan Umum
  • Sikap Umum
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan praktik kebidanan berdasarkan agama, moral, dan  filosofi, kode etik profesi, serta standar kebidanan.
    • Berkontribusi  dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan  peradaban berdasarkan Pancasila
    • Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki  nasionalisme  serta  rasa  tanggungjawab  pada negara dan bangsa
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    • Menghargai martabat perempuan sebagai individu yang memiliki hak-hak, potensi, privacy,  keragaman budaya/etnik dan keyakinan/agama
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan  bernegara serta dalam kehidupan berprofesi
    • Menginternalisasi sesuai dengan nilai, norma,  etika akademik
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan sebagai ahli madya kebidanan
    • Menginternalisasi  semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Keterampilan Umum
    • Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan memilih beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dalam pelayanan dan asuhan kebidanan berdasarkan analisis data
    • Mampu menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur sesuai dengan standar prosedur operasional dalam memberikan pelayanan dan asuhan kebidanan
    • Mampu memecahkan masalah dalam pelayanan dan asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi, kewenangan yang berbasis bukti ilmiah dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
    • Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
    • Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya
    • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarism
pembelajaran pengetahuan dan sikap khusus
  • Capaian pembelajaran sebagai Care Provider
    • Pengetahuan Khusus
      • Menguasai pengetahuan tentang konsep bidan dan kebidanan sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan
      • Menguasai  pengetahuan tentang konsep anatomi, fisiologi tubuh manusia dan, biologi reproduksi yang berkaitan dengan konsepsi, kesehatan reproduksi dan perkembangan manusia sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan
      • Menguasai konsep dasar mikrobiologi yang berkaitan dengan pencegahan infeksi sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan
      • Menguasai konsep dasar psikologi dan psikologi perkembangan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan       
      • Menguasai konsep sosial budaya yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan        
      • Menguasai konsep etika dan hukum perundang-undangan dalam asuhan kebidanan yang berkaitan dengan siklus reproduksi perempuan sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan
      • Menguasai konsep kebutuhan gizi dalam siklus reproduksi perempuan sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan
      • Mengetahui prinsip farmakologi secara umum dan obat-obatan dasar yang berkaitan dengan praktik kebidanan sehingga dapat melakukan asuhan kebidanan di tatanan pelayanan kesehatan
      • Mengetahui penyakit-penyakit umum yang terjadi di masyarakat sehingga dapat melakukan upaya promotif dan preventif dalam praktik kebidanan
    • Keterampilan Khusus
      • Mampu memberikan asuhan kebidanan dasar pada kehamilan normal, deteksi dini, dan penanganan awal kegawatdaruratan serta rujukan dengan mengunakan manajemen kebidanan sesuai  standar operasional prosedur (SOP), kode etik profesi dan tanggap budaya di tatanan pelayanan kesehatan dan komunitas
      • Mampu melakukan asuhan kebidanan dasar pada persalinan dan bayi baru lahir normal, deteksi dini, dan penanganan awal kegawatdaruratan serta rujukan menggunakan manajemen kebidanan sesuai dengan SOP, kode etik profesi dan tanggap budaya di tatanan pelayanan kesehatan.      
      • Mampu melaksanakan asuhan kebidanan dasar pada postpartum normal, deteksi dini, dan penanganan awal kegawatdaruratan serta rujukandengan menggunakan manajemen kebidanan sesuai dengan SOP, kode etika profesi dan tanggap budaya di tatanan pelayanan kesehatan dan komunitas      
      • Mampu melaksanakan asuhan kebidanan dasar pada neonatus, bayi dan balita normal, deteksi dini, dan penanganan awal kegawatdaruratan serta rujukan yang berfokus pada upaya promotif dan preventif dengan menggunakan manajemen kebidanan sesuai SOP, kode etik profesi dan tanggap budaya di tatanan pelayanan kesehatan dan komunitas    
      • Mampu melaksanakan  pelayanan KB melalui pengaturan kehamilan dengan menggunakan metode sederhana sesuai SOP, kode etik profesi dan tanggap budaya di tatanan pelayanan kesehatan dan komunitas      
      • Mampu melakukan dokumentasi asuhan kebidanan menggunakan metode SOAP dengan menerapkan prinsip-prinsip pendokumentasian di tatanan pelayanan kesehatan dan komunitas

Struktur Organisasi Prodi Kebidanan

Unit Penjaminan Mutu

Ketua Program Studi

Sekretaris Program Studi

  • Administrasi
  • Kemahasiswaa

Akademik 

  • Kurikulum & Pengajaran
  • Praktik Klinik
  • Laboratorium

Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Dosen

  • Dosen PA
  • Dosen Pembimbing Praktik Klinik
  • Dosen Pembimbing Praktikum

Profil Dosen Kebidanan

dr. R. Soerjo Hadijono, SpOG(K), DTRM&B(Ch).

Fatimah Sari, S.Si.T., M.Kes.

Siti Fadhilah, S.Si.T.

Tri Budi Rahayu, S.S.T., M.Kes.

Yustina Ananti, S.S.T.

Fitriana, S.S.T., MPH

Evy Ernawati, S.S.T., M.Kes.

Yespy Anna Wahyu Nurindahsari, S.S.T.

 

Febry Heldayasari Prabandari, S.S.T., M.Kes.

 

Iin Asih Lestari, S.S.T., M.Kes.

Siti Salamah, S.Si.T, M.Kes.

Trisiwi Tjipto Palupi, SKM, M.Kes.

Yuda Yulia Kristiari, S.Si.T, M.Kes.

Mutmainah, SST, M.Kes.

Rina Irmawati, S.Si.T, M.Kes.