Diploma III Teknologi Transfusi Darah

Gambaran Umum D3 Teknologi Transfusi Darah

 

Transfusi Darah adalah salah satu tahapan yang diharuskan oleh dokter dalam upaya perawatan pasien menuju sehat.  Untuk mendukung hal tersebut tentu dibutuhkan berbagai hal yang korelatif, antara lain jumlah pendonor dan darah yang tersedia, penyimpanan dan distribusinya.
Karena begitu vitalnya kebutuhan akan hal ini maka dlam setiap prosesnya, mulai dari pengambilan darah sampai pemberian darah kepada pasien yang membutuhkan diperlukan penanganan oleh tenaga ahli  Transfusi Darah berikut Teknologi yang memadai.

Kendala dalam hal ini adalah

  1. Persediaan darah yang belum mencukupi. Dari 4 juta kantong darah yang dibutuhkan PMI Pusat baru terpenuhi 60%. 
  2. Suplai darah dari Unit Transfusi Darah ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang belum merata diseluruh Kab/Kota di Indonesia. Masih banyak fasilitas pelayanan kesehatan di Kab/Kota kesulitan memperoleh darah dan memprosesnya. 
  3. Kurangnya tenaga ahli untuk menangani proses pengambilan, pengolahan, penyimpanan, distribusi dan pemberian darah kepada pasien yang membutuhkan.
Sejalan dengan hal ini tampak jelas bahwa Peran Tim Ahli Teknologi Darah  didalam Unit Transfusi Darah,  Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Puskesmas adalah sangat vital untuk menjamin tercapainya target pemenuhan kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan.

Visi

  • Menjadi Program Studi D-3 Teknologi Transfusi Darah yang unggul dengan pendekatan pelayanan komunitas di tingkat Nasional sampai dengan tahun 2023.
  • Unggul : Yang dimaksud disini adalah mempunyai keunggulan dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat dengan pendekatan komunitas

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan Teknisi Transfusi Darah profesional dengan berbasis pelayanan komunitas
  • Melaksanakan penelitian ilmiah khususnya di bidang transfusia darah yang mengacu pada standar pelayanan darah berbasis pelayanan komunitas
  • Melaksanakan pengabdian masyarakatdengan pendekatanberbasis pelayanan komunitas
  • Menjalin kerjasama dengan Instansi Pemerintah maupun Swasta baik dalam maupun luar Negeri guna meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat

Profil Dosen DIII Teknologi Transfusi Darah

Berikut profil dosen TTD

 

No Nama NIDN Bidang Keahlian
1 Diani Mentari., S.Si., M.Sc 0521088702

S1 : Kultur Sel dan Antikanker

S2 : Biomedik dan Virologi

2 Wiwit Sepvianti, S.Pd., M.Sc 0515098901 S1 Pendidikan Kimia dan S2 Kimia
3 Relita Pebrina, M.Si. 0515028701 S1 Kimia dan S2 Biokimia
4 Ikrimah Nafilata, S.K.M., M.Kes (Epid) 0518039101

S1 : Kesehatan Masyarakat

S2 : Epidemiologi

5 Meyta Wulandari, S.Si., S.T., M.Sc 0515069201

S1 : Fisiologi

S1: Kimia Tekstil

S2 : Virologi dan Anatomi FIsiologi.

6 Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, S.Si., M.Sc 0506109301 S1 dan S2 Mikrobiologi