Rencana Strategis STIKES Guna Bangsa

Rencana Strategis STIKES Guna Bangsa Yogyakarta 2014-2018 merupakan revisi dari Renstra 2009-2013 dengan dasar revisi visi misi STIKES Guna Bangsa Yogyakarta merasa perlu melakukan penyempurnaan agar sesuai dengan perkembangan situasi, baik situasi internal dengan melakukan analisis situasi internal berdasarkan data evaluasi diri dan maupun situasi eksternal salah satunya yaitu penyelarasan dengan Renstra DIKTI sebagai perwujudan keselarasan program kerja STIKES Guna Bangsa Yogyakarta dengan arah kebijakan pembangunan pendidikan nasional. 

Rencana strategis STIKES Guna Bangsa Yogyakarta 2014-2018 disusun sebagai pedoman dan arah pelaksanaan Tri Dharma STIKES Guna Bangsa Yogyakarta yang akan dicapai sampai tahun 2018 yang dilaksanakan secara bertahap dengan melibatkan para pemangku kepentingan, unit kerja, unit pengelola STIKES Guna Bangsa Yayasan Pendidikan Guna Bangsa.

Renstra ini perlu dipahami dan dimanfaatkan oleh seluruh jajaran civitas akademika STIKES Guna Bangsa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di STIKES Guna Bangsa Yogyakarta agar lebih terencana, terarah, terukur, berkesinambungan, dan memperoleh hasil manfaat yang optimal bagi bangsa dan negara.

A

Tujuan Strategis Pertama: Kepercayaan

Berpikiran positif dan menaruh kepercayaan kepada sesama civitas akademika/pihak/institusi lainnya bahwa sesama civitas akademika/pihak/institusi lain tersebut akan memberikan outcome yang positif bagi STIKES Guna Bangsa Yogyakarta. 

A

Tujuan Strategis Kedua: Profesional

sebagai seseorang yang ahli dalam suatu bidangnya. Yang dimaksud profesional dalam hal ini adalah bahwa setiap civitas akademika akan sepenuhnya menggunakan keahlian dan keterampilan dalam bekerja /beraktifitas, dan pekerjaan/aktifitas akan dserahkan kepada yang ahli di bidangnya. 

A

Tujuan Strategis Ketiga: Integritas

setiap civitas akademika akan bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukan ini. Dengan kata lain, “satunya kata dengan perbuatan”. Mengkomunikasikan maksud, ide dan perasaan secara terbuka, jujur dan langsung sekalipun dalam negosiasi yang sulit dengan pihak lain.

A

Tujuan Strategis Keempat: Moralitas

Dalam hal ini, moral diartikan sebagai suatu pikiran, sikap, ucapan,  perilaku, tindakan setiap civitas akademika STIKES Guna Bangsa Yogyakarta yang memiliki nilai positif.

A

Tujuan Strategis Kelima: Keunggulan Mahasiswa Berkarakter

Tujuan strategis kelima adalah keunggulan mahasiswa berkarakter, di mana fokusnya adalah untuk meningkatkan prestasi dan karakter mahasiswa yang berorientasi pada kekuatan visi dan akhlak.

A

Tujuan Strategis Keenam: Excellence

setiap civitas akademika akan berusaha semaksimal mungkin untuk berkarya dan memberikan suatu prestasi atau pelayanan istimewa yang lebih dari rata-rata atau harapan yang berlaku saat itu.

A

Tujuan Strategis Ketujuh: Customer Focus

setiap pimpinan di lingkungan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta selalu
berusaha semaksimal mungkin untuk terus menerus mengidentifikasi dan menetapkan persyaratan pelanggan dan atau stakeholders dan memenuhinya dengan tujuan tercapainya kepuasan pelanggan dan atau stakeholders.

A

Tujuan Strategis Kedelapan: Proaktif

 seluruh sivitas akademika STIKES Guna Bangsa Yogyakarta
diharapkan mampu melakukan tindakan proaktif dalam mengambil keputusan apapun, dan dengan demikian tidak bertindak berdasarkan ikut-ikutan atau mengacu pada budaya kebersamaan. 

Kedelapan nilai dasar tujuan strategis di atas dan Renstra STIKes Guna Bangsa 2014-2018 secara umum menjadi pedoman bagi rencana kerja di STIKes Guna Bangsa serta keterpaduan antara nilai  keunggulan yang dijadikan landasan utama dengan nilai-nilai pancasila untuk membangun visi, misi dan tujuan STIKes Guna Bangsa.