Program Profesi Ners

Visi

  • Visi Program Studi Ners STIKES Guna Bangsa Yogyakarta adalah “Menjadi Program Studi Ners yang unggul dengan pendekatan asuhan keperawatan di tingkat nasional dan berwawasan global tahun 2023.”

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan keunggulan asuhan keperawatan medikal bedah
  • Menyelenggarakan penelitian dengan pendekatan asuhan keperawatan medikal bedah di komunitas
  • Mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui pengabdian masyarakat dengan pendekatan asuhan keperawatan medikal bedah di komunitas.
  • Menjalin kerjasama di bidang asuhan keperawatan medikal bedah dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu lulusan.

Tujuan

  • Tersusun dan terlaksananya kurikulum Program Studi Ners yang mengacu pada capaian pembelajaran lulusan sesuai KKNI level 7 melalui  pengembangan strategi pembelajaran metode mutakhir untuk mencapai kompetensi umum di bidang keperawatan dan kompetensi spesifik unggulan pada asuhan keperawatan  medikal bedah berdasarkan perkembangan IPTEK terkini, dan etik keprofesian.
  • Dihasilkannya lulusan perawat yang memiliki kemampuan dalam pemberian asuhan keperawatan professional dengan keunggulan asuhan keperawatan medikal bedah.
  • Tersedianya sumber daya manusia, baik kuantitas maupun kualitas sesuai bidang keahliannya.
  • Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif.
  • Terlaksananya penelitian secara berkesinambungan untuk pengembangan IPTEK bidang asuhan keperawatan medikal bedah.
  • Terlaksananya pengembangan dan pelaksanaan pengabdian masyarakat bidang asuhan keperawatan medikal bedah
  • Terwujudnya jejaring kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka memperkuat jati diri Program Studi Ners STIKES Guna Bangsa Yogyakarta.

Profil Dosen Ners

 

Puspasari, B.S.N., M.S.N.

Amelia Arnis, S.Kp., M.N.

Sri Rejeki, S.Kep., Ns., M.M.

Siti Apriliani, S.Kep., Ns., M.Kep.

Bambang Pujiarto, S.Kep., Ns., M.M.

Suranah, S.Kep., Ns., M.M.

Gambaran Umum

Pendidikan profesi keperawatan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta bertujuan untuk menyiapkan peserta didik untuk mampu melaksanakan fungsi dan peran sebagai seorang Ners Profesional. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 pasal 2 ayat 2 bahwa program pendidikan professional bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan professional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Pembelajaran tahap profesi menitik beratkan pada pengalaman belajar Praktikum Klinik / pengalaman klinik dan pratikum lapangan / pengalaman praktik lapangan untuk stase komunitas. Sesuai dengan Misi Prodi Ners STIKES Guna Bangsa terutama di bidang pendidikan yaitu Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan keunggulan asuhan keperawatan medikal bedah maka kami memberikan porsi yang lebih di stase keperawatan medikal bedah agar mahasiswa Ners lebih terlatih dan mampu memiliki kemampuan professional dalam mengelola asuhan keperawatan medikal bedah. Bidang keperawatan medikal bedah memiliki lingkup yang luas dan menjadi satu satunya komponen terbesar dalam kurikulum serta bidang keperawatan. Luasnya cakupan ilmu keperawatan medikal dalam dunia keperawatan akan membuat mahasiswa mendapatkan keunggulan yang lebih apabila melanjutkan studi di Profesi Ners STIKES Guna Bangsa Yogyakarta.

Struktur kurikulum pembelajaran Ners sebagai berikut:

No

Stase

SKS

1

Keperawatan Dasar Profesi (KDP)

3

2

Keperawatan Medikal Bedah(KMB)

7

3

Keperawatan Gawat Darurat & Kritis

5

4

Keperawatan Anak

3

5

Keperawatan Maternitas

3

6

Manajemen Keperawatan

3

7

Keperawatan Jiwa

3

8

Keperawatan Gerontik

2

9

Keperawatan Keluarga & Komunitas

7

* 1 sks setara 45 Jam / minggu

 

Prospek Kerja

Lulusan keperawatan memiliki peluang yang luas untuk menjalani karier, tidak hanya sebatas di lingkungan rumah sakit saja. beberapa contoh prospek kerja lulusan Ners adalah:

  • Perawat di RS atau di Puskesmas. Tentunya bekerja di RS menjadi pilihan utama bagi lulusan Ners, hampir 50 % tenaga kesehatan yang berada di RS adalah perawat. Perawat sangat dibutuhkan untuk mengisi pekerjaan di RS.
  • Menjadi tenaga pengajar. Sebagai lulusan Ners, anda bisa memilih menjadi seorang pengajar ataupun dosen keperawatan. tentunya untuk menjadi seorang dosen anda perlu melanjutkan studi ke S2 Keperawatan atau kesehatan sesuai dengan peminatan atau bidang ilmu. menjamurnya Institusi keperawatan memiliki peluang besar untuk menyerap lulusan Magister keperawatan bekerja menjadi dosen.
  • Perawat Home Care. Pelayanan Perawat Home Care belakangan ini sudah menjamur di beberapa negara berkembang. Di Indonesia sendiri, sudah banyak klinik-klinik Home Care di berbagai kota-kota besar di Indonesia pendapatan yang ditawarkan sangat menjanjikan dan waktu yang relatif lebih fleksibel. Jadi, waktu luang Anda bisa untuk meneruskan jenjang pendidikan, pelatihan atau kursus, karena tidak sesibuk dibanding bekerja di rumah sakit.
  • Medical Representative. Medical representatives adalah petugas lapangan produsen farmasi yang merupakan ujung tombak perusahaan di pasar. Melalui petugas lapangan ini, perusahaan dapat mengetahui keinginan dan tuntutan yang sedang berkembang di dunia kesehatan dan praktisi kedokteran. Profesi ini bisa menjadi peluang kerja lain bagi lulusan keperawatan. Asalkan Anda memiliki kualifikasi ilmu pemasaran sebagai dasar. Pendapatannya pun terbilang cukup tinggi. Di luar gaji pokok, masih ada tunjangan, uang harian, transportasi, dan komisi
  • Petugas Asuransi. Dengan memiliki latar belakang di dunia kesehatan, itu menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan perawat untuk bergelut di dunia asuransi. Anda bisa menjadi salah satu staf asurasi seperti bagian klaim. Pekerjaannya bisa berupa menganalisis klaim mengenai kecelakaan dan kesehatan, hingga membuat laporan klaim yang akurat. Selain itu, mengkaji ulang klaim yang telah diproses oleh bagian analis serta memberikan pandangan medis sebagai dasar untuk memproses suatu kasus.
  • Penulis Buku Kesehatan. Apabila Anda suka menulis atau memiliki kemampuan penulisan yang baik, bekerja di penerbit buku kesehatan dapat menjadi pilihan. Anda akan terlibat dalam semua aspek penulisan dan proses penyuntingan dari sebuah buku teks, publikasi penelitian, dan artikel-artikel lain yang berkaitan erat dengan profesi keperawatan. Beberapa perawat penulis juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai konsultan bagi acara televisi dan pembuatan film yang berkaitan dengan profesi perawat. Perawat lulusan diploma atau sarjana keperawatan boleh melakoni profesi ini. Selain itu, Anda juga direkomendasikan untuk menjalani pendidikan di bidang kepenulisan.
  • Klinik Kecantikan. Apabila Anda tidak ingin bekerja di rumah sakit, klinik kecantikan dapat menjadi salah satu pilihan. Klinik kecantikan memberikan layanan kecantikan sekaligus kecantikan yang berhubungan dengan membuat penampilan menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah perawatan yang dilakukan untuk mencegah penuaan, membuat kulit nampak lebih cerah, dan banyak lagi perawatan lainnya. Dengan menjamurnya klinik kecantikan, membuka peluang kerja bagi lulusan Ners

Nah melihat beberapa peluang kerja di atas, membuktikan bahwa lulusan perawat tidak hanya bekerja di rumah sakit saja. Anda bisa memilih jenis profesi lain yang masih berkaitan dengan bidang kesehatan. Dan lulusan Ners menjadi salah satu Lulusan tenaga kesehatan yang cepat terserap di lapangan kerja.