Himpunan Mahasiswa Analis Kesehatan (HIMAKES) STIKes Guna Bangsa Yogyakarta kembali menyelenggarakan Seminar Nasional (Semnas) yang ke empat. Seminar yang diadakan oleh HIMAKES angkatan 9 dan angkatan 10 ini diselenggarakan pada hari minggu, 8 desember 2019 bertempat di Gedung Diklat RSUP dr. Sardjito Yogyakarta.

            Seminar yang mengusung tema “Automation Urine and Sediment” diselenggarakan bersamaan dengan Call for Paper yang digagas oleh Ibu Fitri Nadifah, S.Si.,M.Sc. selaku Sekretaris Prodi (Sekpro) Prodi Teknologi Laboratorium Medis Stikes Guna Bangsa Yogyakarta.

            Seminar tahun ini dihadiri sebanyak 225 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga kesehatan (ATLM). Peserta tidak hanya dari wilayah jogja, tetapi ada juga yang berasal dari daerah luar Jogja, yaitu dari Banyuwangi, Solo, dan Jakarta.

            Adapun Pemateri yang dihadirkan pada seminar kali ini yang pertama adalah dr. Ira Puspitawati, M.Kes., SpPK-K), beliau merupakan KSM Patologi Klinik dan Kedokteran di Laboratorium RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Materi yang disampaikan yaitu Manifestasi klinis hasil pemeriksaan urin. Materi yang kedua tentang Sample handling yang dibawakan oleh Bapak Satya Ulan Indra Mahardhika, S.S.T, beliau merupakan ATLM di Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM. Materi yang ketiga adalah Instrumen dan metode pemeriksaan terbaru yang disampaikan oleh Bapak Rony Agung N yang merupakan Staf dari PT. Saba Indomedika. Dan yang terahir adalah materi tentang Sosialisasi STR dan UKOM yang dibawakan oleh Ibu Siti Widiarti, S.ST yang merupakan Sekretaris DPW PATELKI DIY.

            Seminar yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPW Patelki DIY, Bapak Subrata Tri Widada, S.KM.,M.Sc. dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan lainnya seperti, Ketua DPC Patelki Sleman, Ketua Komisariat Patelki RSUP Dr. Sardjito, Ketua DPC Patelki Sleman Wilayah Tengah, dan beberapa perwakilan Institusi Jurusan Analis Kesehatan / TLM di wilayah jogja.