Sleman, Yogyakarta – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Guna Bangsa Yogyakarta menjadi tempat Try Out Uji Kompetensi Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Try Out  dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Juli 2018.

Sebelum pelasanaan, pada hari Kamis (26 Juli 2018) dilakukan cek lokasi oleh Pengawas Pusat (Herlisa Anggraini, S.K.M., M.Biomed.). Pengecekan lokasi ini bertujuan untuk melihat situasi dan kondisi apakah STIKES Guna Bangsa benar-benar layak untuk dijadikan tempat pelaksanaan Try Out UKOM. Dan dari hasil pantauan Pengawas Pusat, STIKES Guna Bangsa dinyatakan sangat LAYAK dan PANTAS untuk dijadikan temnpat pelaksanaan Try Out UKOM.

Hari berikutnya, Jum’at (27 Juli 2018), dilakukan briefing antara pengawas pusat, pengawas lokal, dan seluruh peserta Try Out UKOM. Dalam acara briefing tersebut, disampaikan beberapa hal yang terkait dengan teknis pelaksanaan Try Out UKOM, diantaranya adalah persyaratan, waktu pelaksanaan, pembagian ruangan, dan lain sebagainya.

Pada kegiatan briefing tersebut, dilaksanakan pula pengambilan kartu Try Out UKOM.

Kemudian, pada sore harinya (H-1 pelaksanaan Try Out) semua ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan Try Out dilakukan penyegelan oleh Pengawas Pusat dengan disaksikan oleh Pengawas Lokal.

Hari Sabtu, 28 Juli 2018, mulai jam 08.00-11.00 bertempat di beberapa ruangan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta dilaksanan Try Out Uji Kompetensi Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Total peserta sebanyak 151 yang berasal dari STIKES Guna Bangsa (65 peserta) dan Akademi Analis Kesehatan Manggala (86 peserta).

Sedangkan untuk pengawas terdiri atas Pengawas Pusat (Herlisa Anggraini, S.K.M., M.Biomed.), Pengawas Lokal 6 orang (3 pengawas dari STIKES Guna Bangsa dan 3 pengawas dari AAK Manggala).

Penanggungjawab lokasi (Hieronymus Rayi Prasetya, S.S.T., M.Sc.) menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Try Out ini dilakukan dengan metode PBT (Paper Based Test) meskipun pendaftarannya sudah dilakukan secara online. Meskipun begitu, beliau pun juga menyampaikan bahwa beliau selaku PJ Lokasi bersam dengan teamnya berupaya dengan semaksimal mungkin agar supaya pelaksanaan Try Out pada tahun ini berjalan dengan sebaik-baiknya.

Selepas semua kegiatan selesai dilaksanakan, sebagaimana sesuai ketentuan yang berlaku maka dilakukan pemusnahan berkas-berkas pelaksanaan Try OUt UKOM.